Rabu, 30 September 2015

Teks Berita " Pramuka SMKN 1 Lantik Bantara Laksana di Tuban"


No.
Struktur Teks
Kalimat dalam Teks
1.
Orientasi
Sesuai program kerja yang telah disusun, maka pada hari Sabtu dan Minggu, 16-17 Mei 2015, Pramuka Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bojonegoro melaksanakan ujian sekaligus pelantikan bagi Bantara dan Laksana Penegak. Proses ujian dan pelantikan tersebut dilaksanakan di beberapa titik tempat yang berbeda, yaitu di SMKN 1 Bojonegoro, di Sendang Maibit Kecamatan Rengel Tuban, di Tunjungan, Desa Gununganyar Kecamatan Soko dan pelantikan di Puncak Bulung, Desa Nguruhan, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.
2.
Peristiwa
Rangkaian kegiatan yang diikuti oleh 45 siswa yang terdiri dari kelas X dan kelas XI ini dimulai pada Sabtu pagi pukul 06.00 WIB dengan kegiatan pendirian tenda di SMKN 1 Bojonegoro. Dilanjutkan perjalanan dengan kendaraan menuju Sendang Maibit Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Sekitar pukul 09.00 WIB peserta sampai di Sendang Maibit dan langsung menjalai beberapa ujian yang menjadi persyaratan untuk dapat dilantik sebagai pramuka bantara dan laksana penegak.
Setelah lewat tengah hari peserta wajib menempuh perjalanan dengan berjalan kaki dari Sendang Maibit menuju Tunjungan di Desa Gununganyar, kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Rute yang dilalui cukup sulit dan terjal. Peserta dihadapkan pada tantangan bahwa perjalanan mereka tanpa petunjuk apapun, kecuali peta buta. Adapun long march yang ditempuh tersebut dilanjutkan lagi menuju puncak Bulung di Desa Nguruhan, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.
Akhirnya setelah proses long march selama hampir 5 jam, pada pukul 17.30 WIN para peserta mampu mencapai Puncak Bulung yang menjadi tujuan akhir sekaligus tempat pelantikan. Dari 45 peserta, akhirnya semuanya berhasil menyelesaikan ujian dan dapat dilantik sebagai pramuka bantara dan laksana penegak di SMKN 1 Bojonegoro.
Pelantikan sendiri berlangsung sederhana tetapi sangat hikmat. Tepat diiringi senja yang mulai datang, di bawah gagahnya kibaran bendera Merah Putih, ditambah deru angin kencang, di atas bukit, jadilah para peserta dilantik sebagai Pramuka Bantar dan Laksana Penegak.
Salah satu peserta yang bernama Jihan Ayu Kelas XI APk 2, menuturkan bahwa dia merasakan kepuasan tersendiri ketika berhasil menyelesaikan tantangan dan akhirnya dilantik. “Ini akan jadi pengalaman saya yang luar biasa, menyelesaikan tantangan dan akhirnya dilantik,” katanya.

Sementara itu, Pembina Pramuka di SMKN 1 Bojonegoro yang akrab disapa Kang To merasa puas dan bangga atas kesungguhan para peserta dalam menyelesaikan tantangan. “Ini semangat yang benar-benar luar biasa dari adik-adik, mereka enggan sekali untuk mengeluh. Selamat buat adik-adik, semoga ,menjadi pribadi yang lebih baik,” tuturnya. [lis]
Sumber : blokBojonegoro.com
3.
Sumber Berita
·         Salah satu peserta yang bernama Jihan Ayu Kelas XI APk 2
·         Pembina Pramuka di SMKN 1 Bojonegoro





2.     Menentukan Ciri Kebahasaan (Keterangan) dalam Teks Berita.


No.
Paragraf ke -
Kalimat ke -
Keterangan
waktu
tempat
tujuan
cara
sebab
alat
1.
I
1
hari Sabtu dan Minggu, 16-17 Mei 2015
-
melaksanakan ujian dan pelantikan bagi Bantara dan Laksana Penegak.
-
-
-
2
-
SMKN 1 Bojonegoro, di Sendang Maibit Kecamatan Rengel Tuban, di Tunjungan, Desa Gununganyar Kecamatan Soko dan pelantikan di Puncak Bulung, Desa Nguruhan, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.
-
-
-
-
2.
II
1
Sabtu pagi pukul 06.00 WIB.
SMKN 1 Bojonegoro
kegiatan pendirian tenda.
-
-
-
2
-
Sendang Maibit Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban.
-
Melakukan perjalanan.
-
kendaraan
3
Sekitar pukul 09.00 WIB.
Sendang Maibit.
dapat dilantik sebagai pramuka bantara dan laksana penegak.
menjalai beberapa ujian yang menjadi persyaratan.
-
-
3.
III
1
lewat tengah hari.
Sendang Maibit menuju Tunjungan di Desa Gununganyar, kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.
-
menempuh perjalanan dengan berjalan kaki.
-
-
2
-
3
-
-
-
Peserta dihadapkan pada tantangan bahwa perjalanan mereka tanpa petunjuk apapun, kecuali peta buta.
-
-
4
-
puncak Bulung di Desa Nguruhan, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.
-
long march
-
-
4.
IV
1
pukul 17.30 WIB.
Puncak Bulung
mampu mencapai Puncak Bulung
proses long march


2

SMKN 1 Bojonegoro.
menyelesaikan ujian dan dapat dilantik sebagai pramuka bantara dan laksana penegak.



5.
V
1
-
-
-
-
-
-
2
-
-
peserta dilantik sebagai Pramuka Bantar dan Laksana Penegak.
-
-
-
6.
VI
1
-
-
-
menyelesaikan tantangan
-
-
2
-
-
-
-
-
-
7.
VII
1
-
-
-
menyelesaikan tantangan
-
-
2
-
-
-
-
-
-
3
-
-
Semoga menjadi pribadi yang lebih baik
-
-
-

 
3.  Menemukan Ciri Kebahasaan (Verba Transitif dan Verba Perwarta) dalam Teks Berita.

No.
Paragraf
Verba
Transitif
Pewarta
1.
·         Sesuai program kerja yang telah disusun, maka pada hari Sabtu dan Minggu, 16-17 Mei 2015, Pramuka Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bojonegoro melaksanakan ujian sekaligus pelantikan bagi Bantara dan Laksana Penegak.
·         Proses ujian dan pelantikan tersebut dilaksanakan di beberapa titik tempat yang berbeda, yaitu di SMKN 1 Bojonegoro, di Sendang Maibit Kecamatan Rengel Tuban, di Tunjungan, Desa Gununganyar Kecamatan Soko dan pelantikan di Puncak Bulung, Desa Nguruhan, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.
melaksanakan

2.
·         Rangkaian kegiatan yang diikuti oleh 45 siswa yang terdiri dari kelas X dan kelas XI ini dimulai pada Sabtu pagi pukul 06.00 WIB dengan kegiatan pendirian tenda di SMKN 1 Bojonegoro.
·         Dilanjutkan perjalanan dengan kendaraan menuju Sendang Maibit Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban.
·         Sekitar pukul 09.00 WIB peserta sampai di Sendang Maibit dan langsung menjalani beberapa ujian yang menjadi persyaratan untuk dapat dilantik sebagai pramuka bantara dan laksana penegak.
menjalani

3.
·         Setelah lewat tengah hari peserta wajib menempuh perjalanan dengan berjalan kaki dari Sendang Maibit menuju Tunjungan di Desa Gununganyar, kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.
·         Rute yang dilalui cukup sulit dan terjal.
·         Peserta dihadapkan pada tantangan bahwa perjalanan mereka tanpa petunjuk apapun, kecuali peta buta.
·         Adapun long march yang ditempuh tersebut dilanjutkan lagi menuju puncak Bulung di Desa Nguruhan, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.
menempuh

4.
·         Akhirnya setelah proses long march selama hampir 5 jam, pada pukul 17.30 WIN para peserta mampu mencapai Puncak Bulung yang menjadi tujuan akhir sekaligus tempat pelantikan.
·         Dari 45 peserta, akhirnya semuanya berhasil menyelesaikan ujian dan dapat dilantik sebagai pramuka bantara dan laksana penegak di SMKN 1 Bojonegoro.
Mencapai
menyelesaikan

5.
·         Pelantikan sendiri berlangsung sederhana tetapi sangat hikmat.
·         Tepat diiringi senja yang mulai datang, di bawah gagahnya kibaran bendera Merah Putih, ditambah deru angin kencang, di atas bukit, jadilah para peserta dilantik sebagai Pramuka Bantar dan Laksana Penegak.
-

6.
·         Salah satu peserta yang bernama Jihan Ayu Kelas XI APk 2, menuturkan bahwa dia merasakan kepuasan tersendiri ketika berhasil menyelesaikan tantangan dan akhirnya dilantik.
·         “Ini akan jadi pengalaman saya yang luar biasa, menyelesaikan tantangan dan akhirnya dilantik,” katanya.
· menuturkan
·merasakan
·menyelesaikan
Ayu Kelas XI APk 2
7.
·         Sementara itu, Pembina Pramuka di SMKN 1 Bojonegoro yang akrab disapa Kang To merasa puas dan bangga atas kesungguhan para peserta dalam menyelesaikan tantangan.
·         “Ini semangat yang benar-benar luar biasa dari adik-adik, mereka enggan sekali untuk mengeluh.
·         Selamat buat adik-adik, semoga ,menjadi pribadi yang lebih baik,” tuturnya. [lis]
menyelesaikan
Pembina Pramuka di SMKN 1 Bojonegoro yang akrab disapa Kang To

Tidak ada komentar:

Posting Komentar